Senin, 10 Desember 2012

Contoh Asosiatif dan Disosiatif

Contoh asosiatif :

Hubungan Cina-Indonesia Semakin Erat

BEIJING - Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia akhir bulan ini. Kunjungan beliau diharapkan dapat semakin mempererat hubungan bilateral antara kedua negara.

Sebelumnya, Ketua DPR Indonesia Marzuki Alie dan tokoh politik Cina Wu Bangguo juga melakukan pertemuan di Beijing pada tanggal 20 April 2011. Kedua tokoh tersebut juga sepakat untuk melakukan hubungan yang lebih erat di antara kedua negara.

Melihat adanya kemajuan pesat yang terjadi di dalam kerja sama Cina-Indonesia, Marzuki pun mengajukan proposal untuk melakukan kerja sama yang lebih erat di bidang infrastruktur, bahan bangunan, dan produk-produk elektronik.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, juga mengunjungi Cina akhir pekan ini (Jumat, 22/4). Dalam wawancara beliau dengan CCTV News, beliau mengungkapkan niat baik Indonesia untuk mempererat hubungan dengan Cina di segala bidang.

Beliau juga menjelaskan, kerja sama Indonesia dan Cina dalam bidang perdagangan telah menguntungkan kedua belah pihak.

Hubungan bilateral Cina-Indonesia mencapai puncaknya di tahun 2010. Di bulan Juni 2010, Presiden Cina Hu Jintao dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral di sepanjang pertemuan G20 di Toronto, Kanada.

Kedua tokoh tersebut sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan ekonomi dan melakukan koordinasi lebih jauh dalam urusan regional dan internasional.

Contoh Disosiatif :

Demo FPI Berujung Ricuh

MAKASSAR- Aksi unjuk rasa puluhan massa Front Pembela Islam(FPI) di Mapolrestabes Makassar Jumat (19/8/2011) sore diwarnai kericuhan. Aksi saling tarik antara polisi dan massa FPI ini dipicu setelah seorang anggota FPI ditangkap oleh aparat kepolisian saat berunjuk rasa.

Aparat kepolisian yang berusaha mengendalikan aksi unjuk rasa menangkap seorang anggota FPI bernama Riswan. Dia ditangkap lantaran menjadi salah satu pelaku pengerusakan di berbagai aksi yang dilakukan FPI di beberapa tempat pekan lalu.

Dalam aksinya di Mapolrestabes Makassar, Massa FPI meminta panglima laskar FPI Abdul Rahman yang ditangkap pekan lalu agar dibebaskan karena tidak bersalah melakukan pengerusakan sekertariat Ahmadiyah.

Bahkan FPI menuding pihak Ahmadiyah-lah yang menjadi provokator terjadinya keributan di Sekertariat Ahmadiyah di jalan Anuang Makassar, Sabtu lalu

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Himawan Sugeha mengatakan, penangkapan Riswansaat melakukan aksi lantaran menjadi pelaku pengerusakan saat FPI melakukan aksi di beberapa tempat.

Riswan ditangkap karena terlibat pengrusakan di rumah makan Topas, Warung coto Pettarani, serta Sekertariat Ahmadiyah

Himawan juga mengungkapkan saat ini pihaknya juga masih mengejar tiga orang anggota FPI yang melakukan pengerusakan di beberapa tempat tersebut.

Masih banyak lagi Contoh - contoh disosiatif dan asosiatif silakan cari Google atau di okezone dengan kata kunci musyawarah,perundingan,bentrokan,tauran,demo,perselisihan,dll

4 komentar: